Pengertian Teori


Teman-teman pasti pernah mendengar kata "teori"? Apalagi akhir-akhir ini banyak sekali bermunculan teori tentang asal muasal covid-19, eits saya tidak akan membahas teori itu atau pun covid-19 yang kasus positifnya semakin bertambah, lalu sebenarnya teori itu apa sih? Hmm? Mari kita bahas bersama. 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, salam sejahtera bagi kita semua, Shalom, Om Swastyastu, Namo Buddhaya, dan Salam Kebajikan. Karena di awal saya menulis kata covid-19 alangkah baiknya kita luangkan waktu sebentar untuk berdoa semoga pandemi ini cepat selesai. 

Sesuai judulnya kali ini saya akan membahas tentang pengertian teori yang sudah dibahas dipertemuan kedua mata kuliah teori komunikasi, pembahasan ini nantinya akan membahas beberapa materi pokok dengan tambahan rekap pertanyaan dan jawaban diskusi pada pertemuan kedua, materi pokok tersebut diantaranya adalah :
  1. Pengertian teori
  2. Fungsi dan peran teori
PENGERTIAN TEORI

Pengertian teori sebagaimana telah dijelaskan presentator, teori adalah serangkaian dari sebuah pernyataan yang disimpulkan menjadi satu konsep yang belum terbukti benar atau salahnya suatu pernyataan tersebut. Karena teori adalah hasil dari sebuah asumsi atau perkiraan manusia jadi tidak bisa dibenarkan seluruhnya tanpa adanya penelitian lebih lanjut. Terkadang didalam bermasyarakat penggunaan teori masih tidak terlalu diperhatikan dan malah lebih dominan ke praktiknya secara langsung, hal itu menyebabkan cara pandang masyarakat tentang teori kalah dan lebih memilih praktik secara langsung. Sebenarnya teori dan praktik adalah hal yang berkaitan satu sama lain agar suatu masalah atau fenomena dapat dipecahkan dengan hasil yang maksimal.

Sebelumnya lanjut ke pokok pembahasan selanjutnya sebaiknya kita mengetahui lebih dalam apa itu teori. Mari kita bahas bersama, teori dalam bahasa latin disebut "theoria" sedangkan dalam bahasa Yunani disebut "the oria".  Dimana dapat dipahami bahwa teori merupakan suatu kegiatan yang mengharuskan manusia menggunakan pikiran secara logis dan sistematis dengan indra yang dimiliki manusia, agar menghasilkan teori yang baik dan relevan. Teori yang baik dan relevan adalah teori yang dapat diterima oleh khalayak ramai yang diteliti oleh para ahli dan mampu menjadi jawaban dari praktik yang muncul, dimana teori ini nantinya tidak condong kearah manapun. Tidak hanya itu definisi teori muncul dari para ahli seperti pada bawah ini
Pengertian Teori Menurut Para Ahli :

  1. Menurut Jonathan H. Turner, teori adalah sebuah proses pengembangan ide yang dapat menjelaskan bagaimana dan mengapa peristiwa tersebut terjadi.  Teori adalah pendapat yang dikemukakan sebagai keterangan mengenai suatu peristiwa (kejadian).
  2. Menurut Calvin S. HALL, teorinya adalah sebuah hipotesis (perkiraan awal) yang belum terbukti, atau spekulasi tentang fakta yang tidak pasti.  Teori adalah asas dan hukum umum yang menjadi dasar suatu kesenian atau ilmu pengetahuan.
  3. Menurut Nazir, teori adalah sebuah pendapat yang dapat disajikan untuk penjelasan dari suatu kejadian atau peristiwa.  Teori adalah pendapat, cara atau aturan melakukan sesuatu.
  4. Menurut Ismaun, teori adalah pernyataan yang berisi sebuah isi substantif tentang urutan.
  5. Menurut Kerlinger, teori adalah suatu konsep yang  berhubungansatu sama lain yang berisi pandangan pandangan sistematis fenomena.

Sumber : PPT kelompok 2/Pengertian teori/Maulana Kamaludin/Windy Deby Adrika Dewi/Wulan Agustina.

Pengertian teori diatas dan pengertian dari para ahli dapat dipahami bahwa teori merupakan suatu kegiatan yang menghasilkan pendapat atau perkiraan tentang suatu hal menggunakan akal pikiran manusia secara logis dan sistematis, dengan cara mengurutkan dan menghubungkan pernyataan-pernyataan yang timbul dari fenomena atau masalah sosial dengan dasar ilmu pengetahuan yang jelas. Teori juga berisi tujuan atas pertanyaan-pertanyaan yang substansif atau nyata dengan cara yang sistematis dan dapat menjelaskan sebab akibat suatu fenomena yang terjadi. 

FUNGSI DAN PERAN TEORI

Setelah mengetahui pengertian teori materi pokok selanjutnya adalah fungsi teori. Teori memiliki fungsi yang cukup penting dalam penelitian dan penyidikan kasus atau fenomena yang terjadi, teori memberikan pandangan untuk memecahkan masalah dengan dibarengi praktik yang tepat. Dengan teori juga kita dapat mendapatkan pertanyaan yang lebih spesifik akan masalah yang terjadi dengan cara menghubungkan dengan urut sebab akibat dari masalah itu sendiri dengan identifikasi secara menyeluruh terhadap masalh tersebut serta dengan ilmu yang jelas dan informasi yang berkaitan dengan teori tersebut.
Selain itu dalam kehidupan sehari-hari teori mempunyai fungsi sebagai dasar atau acuan, sarana untuk menciptakan perubahan sosial dengan cara mengimplementasikan teori yang berkaitan dengan kehidupan secara baik dan benar sehingga tercipta perubahan sosial yang lebih baik.

Tidak hanya itu teori juga mempunyai peran yang cukup penting dalam berbagai bidang kehidupan, teori berperan untuk membantu mengorganisasikan pengalaman atau pernyataan secara berkesinambungan sehingga akan mendapatkan jawaban yang berguna dalam kehidupan. Dalam bidang pendidikan teori juga ikut andil untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang ada dan yang akan datang sehingga mampu menghasilkan dasar penelitian yang tegas dan jelas. Selain itu teori memberikan temuan empiris kedalam suatu kerangka penelitian atau masalah yang timbul secara logis dan sistematis. Dan teori berperan untuk menghindarkan pelaku teori menjadi bingung akan fenomena sosial yang sedang terjadi, sehingga nantinya teori-teori yang muncul dapat berguna dan bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Dari pembahasan diatas teori merupakan suatu kegiatan  yang berisi pernyataan, pendapat, dan perkiraan atau cara untuk mendapatkan jawaban dengan menggunakan akal pikiran manusia secara logis, nyata, dan sistematis yang tidak bisa dibenarkan seluruhnya tanpa adanya penelitian lebih lanjut. Dan memiliki peran yang cukup penting dalam kehidupan manusia.

Setelah membahas bersama tentang teori, sekarang teman-teman mengetahui apa itu teori, dan semoga bermanfaat

Waalaikumsalam warahmatullahi wa barakatu.

Nama : Imam Syafi'i
NIM     : 1940210024
Matkul : Teori komunikasi
Dosen  : Primi Rohimi, S.sos, MSI
Kelas.   : A3-KPI



Komentar

Postingan Populer