RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER TEORI KOMUNIKASI

Rencana pembelajaran semester atau RPS merupakan rencana pembelajaran, struktur pembelajaran yang akan digunakan mahasiswa dalam belajar satu semester.
Rencana pembelajaran semester kali ini adalah rencana pembelajaran semester yang disusun oleh Ibu Primi selaku dosen mata kuliah teori komunikasi, RPS ini masuk dalam rumpun mata kuliah komunikasi dengan bobot SKS (sistem kerja semester yang terdiri dari tiga komponen utama yaitu :

1. TM (tatap muka)
2. BT (belajar terstruktur)
3. BM (belajar mandiri)

Didalam RPS ini juga terdapat CPL Prodi (capaian Pembelajaran Lulusan prodi) yang disusun sesuai CPL DIKTIS tahun 2018, yang didalamnya terdapat beberapa poin yaitu S5 (sikap kelima), S12 (sikap ke dua belas), P8 ( Dimensi atau ranah pengetahuan kedelepan), P10 (Dimensi atau ranah pengetahuan kesepuluh), KU1 (ketamprilan umum kesatu), KU9 (Ketrampilan umum kesembilan), KK1 (ketrampilan khusus kesatu), dan KK5 (ketrampilan khusus kelima). 
Dengan adanya kedelapan poin tersebut mahasiswa mampu memberikan sentuhan islami terhadap pandangan atau temuan rasional dari seseorang yang menemukan teori komunikasi karena pandangan ini didominasi pandangan barat, betanggung jawab dengan nilai-nilai akademik yang diajarkan oleh dosen dengan cara mencegah adanya plagiasi, nantinya mahasiswa juga akan banyak mengetahui kosakata atau istilah yang berkaitan dengan teori komunikasi ini. Walaupun mata kuliah ini bernama teori komunikasi mahasiswa diharapkan juga untuk mempraktekkan atau mendapatkan output dari teori komunikasi secara logis dan analitis. 

Sedangkan untuk CP MK (capaian pembelajaran mata kuliah) merupakan ramuan atau racikan dari CPL Prodi dan merupakan kombinasi dari CPL Prodi, dimana mahasiswa mampu memahami poin yang terdapat didalamnya diantaranya yaitu M1, M2, M3, M4, dan M5, M mempunyai arti tujuan institusional khusus atau kompetensi khusus, dimana dalam CP MK ini mahasiswa diharapkan mampu menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, kepercayaan dan bertanggung jawab terhadap nilai akademis sebagaimana telah dijelaskan dalam CPL Prodi. Tidak hanya itu mahasiswa diharapakan mampu menguasai pengetahuan yang telah didapat dari mata kuliah Teori Komunikasi dengan relevan serta dapat memberikan pikiran logis, kritis, inovatif, dan sistematis.

Nantinya mata kilaih ini akan memberikan materi secara teori dan analitik dengan sentuhan ilmu Islam terapan dan akan dibagi dalam beberapa materi pembelajaran yaitu :
1. Pengertian teori.
2. Tradisi teori komunikasi.
3. Teori komunikasi antar politik.
4. Teori komunikasi antar kelompok.
5. Teori komunikasi organisasi.
6. Teori komunikasi massa.
7. Teori komunikasi antar budaya.

Di akhir semester nanti mahasiswa diharapkan mampu mehamami materi tersebut sebagai syarat mata kuliah ilmu komunikasi.


Nama : Imam Syafi'i
NIM     : 1940210024
Matkul : Teori komunikasi
Dosen  : Primi Rohimi, S.sos, MSI
Kelas.   : A3-KPI

Komentar

Postingan Populer