Dinamika Komunikasi Organisasi (Pertemuan ke-13)

Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh

Halo teman-teman, bagaimana kabarnya? Kali ini saya akan menceritakan kegiatan perkuliahan mata kuliah komunikasi organisasi Kamis 10 Desember 2020, pertemuan ke 13 dengan tema "Dinamika Komunikasi Organisasi" untuk yang presentasi adalah kelompok 11 dengan anggota yaitu:
  1. Windy Deby Andrika Dewi 1940210031
  2. Selfa Ayu Fauzul Muna 1940210035
Untuk poin pertama yaitu Definisi dan fungsi dinamika komunikasi organisasi, dilihat dari asal katanya, dinamika memiliki arti suatu hal dimana didalamnya mempunyai tenaga yang bisa bergerak, berkembang dan bisa berubah ubah menyesuaikan kondisi tertentu.  Sedangkan organisasi merupakan kumpulan orang-orang yang merupakan kesatuan social yang mengadakan interaksi yang intensif dan mempunyai tujuan bersama. Dinamika komunikasi organisasi adalah interaksi dan interdependensi yang melibatkan dari komunikator, pesan, media, komunikan dan dampak komunikasi dalam mencapai tujuan organisasi melalui pembagian pekerjaan dan fungsi hirarki otoritas dan tanggungjawab.

Selanjutnya adalah fungsi dinamika Komunikasi organisasi yaitu: 
  • Membentuk kerjasama saling menguntungkan dalam mengatasi persoalan hidup. 
  • Memudahkan segala pekerjaan.
  • Mengatasi pekerjaan yang membutuhkan pemecahan masalah danmengurangi beban pekerjaan yang terlalu besar sehingga selesai lebihcepat, efektif dan efisien. 
  • Menciptakan kepribadian suatu organisasi berdasarkan cara pandang anggota organisasi tersebut.
Poin kedua dalam PPT kelompok 11 adalah hambatan dalam proses komunikasi organisasi ada 3 yaitu:
  • Hambatan Teknis
Hambatan ini timbul karena lingkungan dan memberikan dampak pencegahan terhadap kelancaran pengiriman dan penerimaan pesan.
  • Hambatan Manusiawi
Hambatan ini muncul dari masalah-masalah pribadi yang dihadapi oleh orang-orang yang terlibat dalam komunikasi, baik komunikator maupun komunikan.
  • Hambatan Simentik
Hambatan ini timbul dalam proses penyampaian pengertian atau ide secara efektif. Definisi semantik disini adalah studi atas pengertian yang diungkapkan lewat bahasa.

Dan yang terakhir adalah cara mengatasi masalah dalam komunikasi organisasi yaitu :
  1. Pimpinan harus menciptakan kedekatan hubungan dengan orang- orang yang dipimpinnya. Kedekatan ini akan menimbulkan kepercayaan dan kepercayaan berlanjut pada komunikasi yang baik.
  2. Jangan terlalu serius bekerja dalam organisasi. Karena manusia perlu rehat, baik secara fisik maupun secara batin. 
  3. Bentuk media yang tepat untuk saling bersuara, dari hati ke hati entah dalam curhat session satu-dengan-satu-orang, atau dengan forum bersama dimana semua pihak/bidang/bagian dapat meluangkan isi hatinya.
Setelah itu dibuka sesi tanya jawab oleh preseneter yang di ikuti oleh 28 penanya dan 3 membantu menjawab. Selanjutnya setelah terjawab semua preseneter menutup diskusi pada pukul 13.45 dengan ucapan terima kasih dan salam.

Terimakasih semoga bermanfaat

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wa barakatuh

Nama : Imam Syafi'i
NIM : 1940210024
Kelas : KPI A3
Mata kuliah : Komunikasi Organisasi
Dosen : Ibu Primi Rohimi, S.sos, M.S.I.
Instansi : Institut Agama Islam Negeri Kudus

Komentar

Postingan Populer