Etika Komunikasi Organisasi (Pertemuan ke-14)

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Halo teman-teman semuanya, di blog kali saya akan menceritakan diary perkuliahan mata kuliah komunikasi organisasi dengan tema "Etika Komunikasi Organisasi", yang dijelaskan oleh kelompok 12 terdiri dari :
  1. Muhammad Shidqil Wafa 1940210027
  2. Hilmi Noor Dafa Thoriq 1940210029
Seperti biasa kegiatan perkuliahan diawali dengan salam dan mengirimkan file ppt beserta link video penjelasan, perkuliahan dimulain pukul 12.33 WIB, setelah itu pemateri memberikan waktu kurang lebih 15 menit untuk memahami materi dan menonton video penjelasan, dan untuk materinya kurang lebih sebagai berikut:

Pengertian Etika
Etika berasal dari bahasa yunani, “ethos” yang memiliki arti watak atau kebiasaan, atau dalam bahasa umum seringkali disebut dengan etiket yang berarti cara bergaul atau berprilaku dalam berbagai hal.
Etika adalah nilai pribadi yang digunakan untuk memutuskan apa yang benar atau apa yang paling tepat dalam situasi tertentu, memutuskan apa yang 
konsisten dengan sistem nilai yang ada pada organisasi dan diri pribadi.
Ada 2 etika dalam berorganisasi
  • Etika Perorangan (Personal Ethics)
  • Etika Organisasi (Organizational Ethic)
Etika Komunikasi Organisasi
  • Berhati-hati dalam berkata atau tidak menggunakan perkataan yang menyerang kepribadian atau pribadi individu.
  • Menggunakan bahasa yang sewajarnya atau dapat dimengerti oleh para peserta komunikasi.
  • Singkat, jelas, dan mudah dipahami terutama untuk komunikasi yang bersifat mendesak.
  • Tidak menyudutkan pemimpin dan menyebarkan informasi yang tidak benar mengenai pemimpin. 
  • Menyampaikan informasi atau berita sesuai dengan jalur yang seharusnya.
  • Tidak menyampaikan pesan dengan muatan sexual harassment yang dapat 
  • membuat anggota organisasi tidak nyaman.
  • Tidak menipu komunikasi dengan menyampaikan sesuatu yang tidak benar.
  • Tidak seluruh informasi perlu disampaikan apabila hal tersebut membahayakan eksistensi organisasi.
  • Kebohongan yang dilakukan pada kondisi khusus yang mengancam eksistensi organisasi.
  • Menyampaikan keburukan personal yang tidak berhubungan dengan kinerja orang tersebut yang bertujuan untuk menjatuhkan kedudukannya dalam organisasi.
Dimensi Etika Komunikasi
  • Aksi Komunikasi, langsung terkait oleh perilaku komunikasi.
  • Sasaran, adanya analisis yang kritis dan pemihakan kepada yang lemah atau korban
  • Tujuan, menyangkut nilai demokrasi, terutama kebebasan untuk berekspresi, kebebasan pers, dan hak akan informasi yang benar
Manfaat Etika Komunikasi
  • Melancarkan komunikasi dengan orang lain. 
  • Memahami apa yang dikomunikasikan orang lain.
  • Diterima dalam sosial masyarakat kerana mengikuti etika yang berlaku.
  • Memperkuat hubungan yang terjalin dengan orang lain.
  • Pesan yang disampaikan dapat diterima dengan lebih baik.
  • Dihargai orang lain, karena kita menghargai mereka juga.
  • Tidak bertindak sembarangan dan seenaknya dalam berkomunikasi. 
Etika Terapan dan Komunikasi Organisasi
Bagaimana menggunakan pendekekatan terapan terhadap moral seperti pendekatan minoritas, kesetaraan perempuan, penggunaan binatang untuk penelitian, pelestarian lingkungan.
Etika terapan fokus pada pelaksanaan norma, standar, panduan dan proses untuk menghasilkan keputusan yang etis sehingga meningkatkan kredibilitas dan reputasi organisasi.

Setelah waktu memahami usai, dilanjutkan sesi diskusi tanya jawab. Dan setelah semua pertanyaan terjawab dilanjutkan kelompok berikut dengan tema "Karya Ilmiah Komunikasi organisasi" oleh kelompok 13

Itulah sedikit cerita dari saya, semoga bermanfaat dan terimakasih

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama : Imam Syafi'i
NIM : 1940210024
Kelas : KPI A3
Mata kuliah : Komunikasi Organisasi
Dosen : Ibu Primi Rohimi, S.sos, M.S.I.
Instansi : Institut Agama Islam Negeri Kudus

Komentar

Postingan Populer