Lanjutan Teori Komunikasi Organisasi (Pertemuan Ke-11)

Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh

Halo semuanya, diblog kali ini saya akan menceritakan kegiatan perkuliahan pada pertemuan ketujuh 24 November 2020 dimana pertemuan ketujuh ini membahas tentang "Lanjutan Teori Komunikasi Organisasi". Untuk preseneter yang mendapatkan tema ini adalah kelompok 9 yang terdiri dari :
  • Putri Suryaningsih 1940210011
  • Muhammad Shidqil Wafa 1940210027
Kelompok tujuh memulai diskusi dengan bacaan salam dan mempersilahkan mahasiswa lainnya untuk membaca dan memahami materi yang telah dibuat sebelumnya berupa PPT dan video penjelasan pada pukul 12.12, sedangkan waktu membaca dan memahami adalah 15 menit. Untuk materinya sendiri membahas tentang beberapa poin yaitu 

Definisi Komunikasi Organisasi
Komunikasi organisasi adalah proses interaksi anatar anggota di dalam organisasi menyampaikan suatu informasi atau pesan kepada seseorang ataupun kelompok.

Teori Organisasi Modern atau Teori Terbuka 
Teori ini lanjutan dari teori organisasi klasik pada teori modern pemikiran atau paradigma orang sudah mengalami perkembangan dan lebih kritis dari sebelumnya. Teori ini memadukan teori klasik dan teori neoklasik dan memberi pengembangan dari teori sebelumnya.

Teori X dan Y (Douglas Mcgregor) 
Teori ini bisa disebut teori perilaku yang nebjelaskan bahwa suatu perilaku tertrntu dapat membedakan antara pemimpin dengan bukan pemimpin. Teori ini dikemukaan oleh Douglas Mcgregor.

Teori Contingency (Joan woodward) 
Teori ini menganggap bahwa kepemimpinan merupakan suatu proses yang melihat kemampuan seorang pemimpin untuk melakukan pengaruhnya tergantung dengan tugas kelompok dan tingkat – tingkat daripada gaya kepemimpiannya, kepribadianya, dan pendekatan sesuai dengan kelompoknya.

Teori Interaksi Simbolik
Teori yang memiliki asumsi bhawa manusia pasti membentuk makna melalui proses komunikasi. Teori ini lebih cenderung pada konsep diri dan paradigma yang dimiliki seriap individu berdasarkan interaksinya dengan individu lain.

Teori Kultural Organisasi 
Dalam organisasi terdapat latar belakang yang berbeda. Organisasi akan baik jika didalamnya ada suatu budaya yang baik juga dan seblaiknya. Karena budaya merupakan perangsang pikiran seperti sistem dalam beberapa teori objektif.

Teori Hirerarki (Abraham Maslow) 
Teori ini mengungkapkan bahwa beberapa kebutuhan tingkat rendah haruslah terpenuhidahulu sebelum kebutuhan tingkat tinggi. Teori ini sebenarnya sebagai teori yang memberikan motivasi pada setiap orang yang menangkapkan kiasan ini.

Setelah mahasiswa membaca dan memahami materi tersebut dilanjutkan dengan sesi diskusi yang diikuti semua mahasiswa. Kemudian setelah pertanyaan telah terjawab semua kegiatan perkuliahan di tutup oleh preseneter dengan hamdalah dan salam yang diikuti seluruh mahasiswa.

Itulah diary perkuliahan dari saya kurang lebih mohon maaf dan terimakasih

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wa barakatuh

Nama : Imam Syafi'i
NIM : 1940210024
Kelas : KPI A3
Mata kuliah : Teori Komunikasi
Dosen : Ibu Primi Rohimi, S.sos, M.S.I.
Instansi : Institut Agama Islam Negeri Kudus

Komentar

Postingan Populer