Teori Komunikasi Massa (Pertemuan Ke-12)

Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh

Halo semuanya, blog kali ini saya akan menceritakan kegiatan perkuliahan mata kuliah teori komunikasi Senin, 30 November 2020. Materi kali ini tentang "Teori Komunikasi Massa" , untuk kelompok yang membawakan materi ini adalah kelompok yang beranggotakan yaitu :
  • Candra Wibowo (1940210004)
  • Rada Kumala Syifa (1940210008)
Seperti biasanya preseneter langsung men-share materi dan video hasil karya mereka pada jam perkuliahan di mulai, selanjutnya preseneter memberikan waktu kurang lebih 15 menit untuk memahami dan menonton video. Dan untuk materi dari preseneter sendiri adalah sebagai berikut

Pengertian Teori Komunikasi Massa
Komunikasi massa adalah pesan yang dikomunikasikan melalui media masssa pada sejumlah besar orang. Atau bisa juga disebut suatu tipe komunikasi manusia (human communication) yang lahir bersamaan dengan mulai digunakannya alat-alat mekanik, yang mampu melipatgandakan pesan-pesan komunikasi.

Karakteristik Pesan-pesan Komunikasi Massa
Menurut Wright (1977) dalam wiryanto (2000) karakteristik pesan-pesan dalam komunikasi massa ada tiga yaitu
  • Publicy
  • Rapid
  • Transient
Dimensi Komunikasi Massa
Menurut Gonzalez dalam Jahi (1988) ada tiga dimensi komunikasi massa sebagimana disebut didalam ppt preseneter yaitu 
  1. Kognitif meliputi peningkatan kesadaran, belajar, dan tambahan pengetahuan.
  2. Efektif yaitu berhubungan dengan emosi, perasaan, dan sikap.
  3. Konatif berhubungan dengan perilaku dan niat untuk melakukan sesuatu menurut cara tertentu.
Model Proses Komunikasi Massa
Model proses ini disebut di dalam ppt preseneter ada empat model proses yaitu:
  • Teori Peluru (bullet theory model)
Komunikasi memiliki kekuatan yang besar atas audience. 
  • Efek Terbatas (limited effects model)
Pengaruh media massa adalah terbatas, tidak all-powerfull, yang menyatakan pesan-pesan media tidak seluruhnya mencapai mass audience secara langsung.
  • Efek Moderat (moderate effects model)
Berangkat dari posisi audience (bukan dari posisi komunikator) dan lebih memusatkan perhatiannya pada hubungannya dengan pesan-pesan media.
  • Efek kuat
Komunikasi massa dapat mewujudkan powerfull effect apabila ia digunakan dalam program-program atau kampanye yang disiapkan lebih dulu dengan cermat.

Perkembangan Media
Kemunculan media massa pada tahun 1900-an diikuti oleh suatu pola perkembangan industry yang diduplikasi, mengikuti setiap "revolusi" berikutnya dalam teori media yang sudah ada, rekstrukturasi dalam sekala luas dan terjadinya perubahan yang cepat. Proses ini disebut dengan functional displacement

Efek Forum-forum Media
  • Semua memanfaatkan atau mendayagunakan suatu media (radio, televisi, media cetak) untuk membawakan muatan besar penyampaiannya pesan-pesan mengenai teknik-teknik inovasi kepada forum diskusi
  • Semua menyangkut kelompok-kelompok kecil yang disampaikan melalui saluran-saluran media massa dan anggota-anggotanya kemudian berpartisipasi dalam diskusi-diskusi
  • Semua program media tampak efektif dalam menciptakan pengetahuan, membentuk dan mengubah sikap serta dalam catalyzing perubahan perilaku
Selain itu ada faktor-faktor yang menyebabkan mengapa individu-individu akan belajar lebih banyak apabila menjadi anggota dari forum media yaitu 
  1. Perhatian dan partisipasi disemangati oleh adanya tekanan kelompok dan harapan-harapan sosial.
  2. Perubahan sikap timbul lebih nyata apabila individu-individu berada di dalam kelompok.
  3. Umpan balik dari forum kepada penyiar berlangsung dengan teratur dan relative cepat.
  4. Forum media memiliki keunggulan dalam mengatasi proses seleksi dari angggota-anggota kelompok.
Setelah membaca dan memahami materi tersebut preseneter membuka diskusi yang diikuti 25 penanya dan 6 yang membantu menjawab. Selanjutnya diskusi ditutup dan semua pertanyaan telah terjawab.

Itu sedikit diary perkuliahan dari saya, maaf apabila ada penulisan kata yang salah dan semoga bermanfaat.

Terimakasih

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wa barakatuh

Nama : Imam Syafi'i
NIM : 1940210024
Kelas : KPI A3
Mata kuliah : Teori Komunikasi
Dosen : Ibu Primi Rohimi, S.sos, M.S.I.
Instansi : Institut Agama Islam Negeri Kudus


Komentar

Postingan Populer