Model Komunikasi Organisasi (Pertemuan Ke-11)

Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh

Halo teman-teman blog saya kali ini akan berisikan diary perkuliahan mata kuliah komunikasi organisasi Kamis, 26 November 2020. Tema pertemuannya yaitu Model Komunikasi Organisasi yang dibawakan oleh 
  1. Riska Fiah Mawanti 1940210025
  2. Rahmat Kamal Dafiq 1940210030
Untuk pertemuan ini seperti biasa preseneter men-share materi kepada teman-teman untuk dibaca dan dipahami, yang diberi waktu 15 menit. Setelah 15 menit berlalu dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang di ikuti oleh semua mahasiswa yaitu dengan 24 mahasiswa yang bertanya dan 7 mahasiswa membantu menjawab. Dan untuk materi tentang Model komunikasi organisasi kurang lebih sebagai berikut :

Pengertian Komunikasi Organisasi
Komunikasi Organisasi adalah pengiriman dan penerimaan berbagai pesan organisasi didalam kelompok dari suatu organisasi. Komunikasi organisasi juga dapat membantu mempererat hubungan sekelompok anggota dalam organisasi dalam anggota lainnya.

Model Komunikasi
Model komunikasi itu merupakan suatu cara sederhana yang diberikan untuk memudahkan suatu kelompok dalam berkomunikasi .
Model Komunikasi dapat membantu kita dalam mengorganisasikan data-data sehingga mendapatkan kerangka konsep tentang apa yang akan diucapkan atau ditulis dalam sebuah kelompok.

Model dalam Komunikasi Organisasi
Model komunikasi organisasi sesuai yang dijelaskan oleh preseneter didalam pptnya ada tiga yaitu:
  • Model Komunikasi Linier
Merupakan suatu model komunikasi yang digunakan oleh komunikator untuk memberikan suatu dorongan dan komunikan melakukan respon tanpa mengadakan seleksi dan interpretasi. Model komunikasi linier ini bersifat monolog.
  • Model Komunikasi Interaksional
Model komunikasi ini bersifat dua arah, ada dialog (diskusi) maka dalam model ini terdapat adanya feedback atau umpan balik dari komunikator dengan komunikannya. 
  • Model Komunikasi Transaksional
Merupakan suatu model yang dilakukan secara komunikatif sehingga pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik tidak hanya sebagai pengirim informasi, namun juga sebagai penerima informasi.

Komunikasi sebagai Kebutuhan Organisasi
Komunikasi sebagai kebutuhan tugas di dalam ppt preseneter ada tiga fungsi yaitu :
  • Pesan Tugas
yaitu pesan-pesan yang berkenaan dengan pelaksanaan tugas kontrol yang diperlukan untuk mempermudah gerakan organisasi untuk mencapai output yang diinginkan.
  • Pesan Kemanusiaan
yaitu diarahkan kepada orang-orang dalam organisasi dengan mempertimbangkan sikap mereka, yang termasuk dalam pesan ini adalah penghargaan terhadap hasil yang dicapai, penyelesaian konflik antar individu ataupun kelompok dalam organisasi.
  • Pesan Pembaharuan
yaitu suatu pesan yang menjadikan organisasi dapat menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan yang terjadi di lingkungannya.
  • Pesan Pemeliharaan
yaitu pesan yang berkenaan dengan kebijaksanaan dan pengaturan organisasi, pesan ini mencakup perintah, ketentuan, prosedur dan aturan dalam suatu organisasi.

Selain itu dalam organisasi perlu ditumbuhkan komunikasi yang didasarkan pada sikap saling percaya, menerima, empati, dan kejujuran. Maksud dari Menerima adalah kemampuan berhubungan dengan orang lain tanpa menilai dan berusaha mengendalikannya. Maksud dari Empati adalah memahami orang lain yang tidak mempunyai arti emosional bagi kita. Maksud dari Kejujuran adalah sikap untuk menumbuhkan saling percaya antara anggota satu dengan anggota lain.

Setelah pertanyaan dijawab semua preseneter menutup diskusi pertemuan kali ini. Itulah sedikit cerita kegiatan perkuliahan dari saya, mohon maaf jika ada penulisan yang kurang berkenan, terimakasih.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wa barakatuh

Nama : Imam Syafi'i
NIM : 1940210024
Kelas : KPI A3
Mata kuliah : Komunikasi Organisasi
Dosen : Ibu Primi Rohimi, S.sos, M.S.I.I
Instansi: Institut Agama Islam Negeri Kudus

Komentar

Postingan Populer