Analisis Komunikasi Organisasi (Pertemuan ke 9)

Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh
Halo semuanya, di blog kali ini saya akan menceritakan sedikit tentang pertemuan ke 9 mata kuliah Komunikasi Organisasi pada tanggal 12 November 2020, dimana mahasiswa disuruh untuk menganalisis video yang telah di share pemateri, yaitu tentang kunjungan yang dilakukan oleh Channel Daily Tv ke Kantor Rework. Analisis ini berkaitan dengan Kesetaraan gender didalam Komunikasi Organisasi. Dan untuk kelompok pemateri sendiri terdiri dari 3 orang yaitu:
  1. Rada Kumala Syifa
  2. Gita Maulidina
  3. Wulan Agustina
Analisis ini dilakukan oleh semua mahasiswa KPI-A3, Nah untuk analisis dari saya adalah sebagai berikut

Sebelumnya Kita harus mengetahui tentang kesetaraan gender. Kesetaraan gender, atau kesetaraan antara laki-laki dan perempuan, merujuk pada kesamaan hak, tanggung jawab, kesempatan, perlakuan, dan penilaian bagi kaum lelaki dan perempuan :
  • Dalam pekerjaan
  • Dalam hubungan antara kerja dan kehidupan.
Nah jika dikaitkan dengan analisis kunjungan virtual Channel Daily Sosial Tv ke Kantor Rework muncul pertanyaan “apakah didalam organisasi atau lingkungan kerja Rework kesetaraan gender sudah diterapkan dengan baik?”
Dilihat dari lingkungan kerja atau organisasi tersebut perempuan dan laki-laki mempunyai kesempatan untuk sama-sama bekerja dan mendapatkan tanggung jawab di dalam Kantor Rework. Selanjutnya kita dapat melihat bahwa kesetaraan gender didalam pekerjaan sudah berjalan dengan baik yaitu jika dilihat CEO & Co Founder Rework Vanesa Hendriadi, dimana jika kita tau kesetaraan gender biasanya dikaitkan dengan keinginan hak yang sama antara laki-laki dan perempuan,yang biasanya juga perempuan lebih dominan menginginkan keseteraan gender itu sendiri. Karena seperti yang saya tau, keinginan perempuan untuk memiliki hak yang sama seperti laki-laki muncul sudah cukup lama, dan ini pun karena budaya Patriarki yang berjalan tanpa kita sadari. Vanesa Hendriadi disini menjadi jawaban bahwa perempuan juga bisa menjadi pemimpin mengemban tanggung jawab untuk pekerjaan yang mereka duduki.
Jadi kesimpulannya kesetaraan gender dalam organisasi atau lingkungan pekerjaan Rework sudah berjalan dengan baik. Dimana hak dan tanggung jawab setiap anggota sudah sama dan rata.

Setelah menganalisisnya mahasiswa mengumpulkannya kepada pemateri untuk dijadikan satu dalam bentuk video yang kemudian di-share kembali ke WAG pada pukul 13.00.

Itu sedikit cerita dan analisis dari saya kurang lebihnya mohon maaf

Terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wa barakatuh

Nama : Imam Syafi'i
NIM : 1940210024
Kelas : KPI A3
Mata kuliah : Komunikasi Organisasi
Dosen : Ibu Primi Rohimi, S.sos, M.S.I.
Instansi : Institut Agama Islam Negeri Kudus

Komentar

Postingan Populer