Komunikasi Organisasi Dalam Konteks Dakwah (Pertemuan 2)

Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatu


Pada pertemuan kedua mata kuliah komunikasi organisasi membahas tentang "Komunikasi organisasi dalam konteks dakwah". Yang mempunyai pokok bahasan yaitu :
  1. Pengertian komunikasi organisasi
  2. Komunikasi organisasi dalam konteks dakwah
Pengertian komunikasi organisasi

Kata Komunikasi berasal dari dua kata yaitu "communicatio" yang berasal dari bahasa latin yang mempunyai makna sama mengenai suatu hal. Sedangkan secara istilah komunikasi adalah suatu penyampaian pernyataan oleh seseorang kepada orang lain. 
Lalu pengertian organisasi sendiri adalah suatu kelompok orang yang bekerja sama untuk tujuan bersama. Ciri ciri adanya sekumpulan orang, kerja sama, aturan, pembagian tugas. Sedangkan menurut para ahli pengertian organisasi berbeda-beda diantaranya adalah
  • James D Mooney
Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
  • Chester I Bernard
Menyatakan bahwa organisasi adalah suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
  • Drs H Malayu Hasibuan
Menurutnya pengertian organisasi adalah sebagai proses penentuan, pengelompokan, dan pengaturan bermacam-macam aktivitas yang diperlukan untuk mencapai tujuan bersama. 
 
Lalu tujuan-tujuan organisasi antara lain sebagai berikut:
  1. Mengatasi terbatasnya kemampuan, kemandirian dan sumber daya yang dimilikinya dalam mencapai tujuan
  2. Sebagai tempat mencapai tujuan dengan selektif dan efisien karena melakukan secara bersama-sama
  3. Sebagai tempat mendapatkan jabatan dan pembagian kerja
  4. Tempat mencari keuntungan bersama-sama
  5. Sebagai tempat mengelola dalam lingkungan bersama-sama
  6. Sebagai tempat mendapatkan penghargaan
  7. Sebagai tempat dalam mendapatkan kekuasaan dan pengawasan
  8. Sebagai tempat menambat pergaulan dan memanfaatkan waktu luang
Komunikasi formal sendiri yaitu komunikasi yang disetujui organisasi itu sendiri dan sifatnya berorientasi pada kepentingan organisasi, dan dalam organisasi sendiri organisasi formal berlangsung secara resmi contohnya rapat perusahaan. Sedangkan komunikasi informal adalah komunikasi yang disetujui secara sosial. Orientasi bukan lada organisasinya, tetapi lebih kepada anggotanya secara individual. Di dalam organisasi informal biasa berjalan tidak resmi seperti dalam berbicara dalam kelompok atau berbicara kepada teman sebaya.

Dan pengertian komunikasi organisasi adalah pengiriman dan penerimaan berbagai pesan organisasi didalam kelompok formal dan informal dari suatu organisasi

Didalam komunikasi organisasi ada beberapa bentuk organisasi yaitu :
  1. Komunikasi verbal. Bentuk komunikasi ini merupakan bentuk komunikasi yang terjadi dari atas ke bawah dan sebaliknya.
  2. Komunikasi Horizontal. Bentuk komunikasi secara mendatar seperti sesama teman atau karyawan dan sebagainya.
  3. Komunikasi Diagonal. Komunikasi ini biasa disebut komunikasi silang, dimana berlangsung dari seseorang kepada orang lain dalam posisi yang berbeda.
Kegiatan berkomunikasi dalam organisasi tentunya tidak mudah yang akan menimbulkan kendala seperti miskomunikasi, sulit memahami karakter satu sama lain, membuat forum dalam forum saat diskusi berlangsung yang dapat menimbulkan kesalahpahaman antar anggota. Yang dapat disikapi mengkomunikasikan kembali masalah yang ada jika terjadi miskomunikasi, lebih mempererat hubungan antar anggota sehingga dapat memahami karakter anggota satu sama lain dan tidak terjadi lagi hal-hal seperti ini.

Komunikasi dalam konteks dakwah 

Komunikasi dalam konteks dakwah merupakan suatu pengembangan dalam bentuk anjuran untuk mengembangkan sesuatu dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
Tujuan komunikasi organisasi dalam konteks Islam atau dakwah yaitu komunikasi itu penting di setiap organisasi untuk saling memahami dan berkoordinasi dalam berbagai kegiatan, dimana dalam surat Ash-Shaff :4 dijelaskan yang artinya "sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berperang jalan-Nya dalam barisan yang teratur, mereka seakan-akan seperti suatu bangunan yang sudah tersusun kokoh.

Waalaikumsalam warahmatullahi wa barakatu

Nama : Imam Syafi'i
Kelas : KPI A3
NIM : 1940210024
Matkul : Komunikasi Organisasi
Dosen : Ibu Primi Rohimi , S.sos, M.S.I
Instansi : Institut Agama Islam Negeri Kudus

Komentar

Postingan Populer