Proses Pengambilan Keputusan dalam Komunikasi Organisasi (Pertemuan 5)

Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatu

sc: Pinterest & Edit in Pixel lab

Halo semuanya, seperti biasa saya akan menceritakan kegiatan perkuliahan mata kuliah komunikasi organisasi pada Kamis, 15 Oktober 2020 yang dilaksanakan daring melalui WhatsApp grup, mata kuliah ini suda masuk dalam pertemuan kelima. Pada pertemuan kali ini materi yang dibawakan oleh presentator yaitu "Proses Pengambilan Keputusan dalam Komunikasi Organisasi", preseneter beranggotakan yaitu :
  • Putri Suryaningsih (1940210011)
  • Maulana Kamaludin (1940210015)
  • Dhea Oktaviana (1940210037)
Diskusi dimulai pada jam 13.15 yang sebelumnya sudah ada Kelompok 3 yang melakukan presentasi, diskusi dimulai dengan bacaan salam dan perkenalan anggota yang selanjutnya preseneter men-share hasil karya mereka berupa PPT Dan video presentasi berdurasi satu menit sembilan belas detik. 
Nah, untuk materi dari kelompok lima kurang lebih membahas tentang pengertian komunikasi, definisi pengambilan keputusan, dasar pengambilan keputusan, dan faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan, yang akan saya tuliskan dibawah ini sesuai PPT dari kelompok lima.
Pengertian komunikasi
komunikasi adalah dasar dari jalannya organisasi komunikasi yang mengatur bagaimana manusia berhubungan dan saling bergantung dengan lain dalam organisasi dipelajari dalam komunikasi organisasi
Pengertian pengambilan keputusan
definisi pengambilan keputusan menurut James AF Stoner adalah proses yang digunakan untuk memilih suatu tindakan sebagai cara pemecahan masalah. oleh karena itu, proses pengambilan keputusan dalam komunikasi organisasi harus diperhatikan demi tercapainya visi misi dan tujuan suatu organisasi
Dasar pengambilan keputusan 
  • Intuisi
  • Pengalaman
  • Fakta
  • Wewenang
  • Logika atau rasional 
Faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan yaitu
  • Nilai individu
  • Kepribadian 
  • Kecenderungan terhadap resiko
Materi diatas adalah materi yang dijelaskan preseneter dalam videonya. Setelah membaca dan menonton video kurang lebih 15 menit mahasiswa yang belum paham diperbolehkan bertanya, ada 24 mahasiswa yang bertanya dan dilanjutkan dengan jawaban oleh preseneter dan dibantu menjawab oleh 5 mahasiswa. Diskusi dilaksanakan dengan baik dengan pertanyaan dan jawaban sesuai materi perkuliahan. Setelah pertanyaan telah dijawab pada pukul 14.14 perwakilan preseneter menutup sesi diskusi dengan bacaan salam dan hamdallah, yang diikuti salam penutup dan ucapan terimakasih oleh Ibu Primi Rohimi sebaga tandai perkuliahan telah selesai.
Itulah cerita saya untuk kegiatan mata kuliah komunikasi organisasi kali ini, mohon maaf apabila ada pemilihan kata yang kurang berkenan dihati. 

Terimakasih semoga bermanfaat ilmu yang telah kita pelajari kali ini teman-teman.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wa barakatu

Nama : Imam Syafi'i
NIM : 1940210024
Kelas : KPI A3
Mata kuliah : Komunikasi Organisasi
Dosen Pengampu : Ibu Primi Rohimi, S.sos, M.S.I.
Instansi : Institut Agama Islam Negeri Kudus

Komentar

Postingan Populer