Teori Komunikasi Kelompok (Pertemuan ke 6)

Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatu

Halo semuanya, diblog kali ini saya akan menceritakan kegiatan perkuliahan pada pertemuan keenam 19 Oktober 2020 dimana pertemuan keenam ini membahas tentang "Teori Komunikasi Kelompok". Untuk preseneter yang mendapatkan tema ini adalah kelompok lima yang terdiri dari :
  1. Azza Nurussa’adah 1940210018
  2. Rahmat Kamal Dafiq 1940210030
  3. Muhammad Yusuf Falahi 1940210033
Kelompok lima memulai diskusi dengan bacaan salam dan mempersilahkan mahasiswa lainnya untuk membaca dan memahami materi yang telah dibuuat sebelumnya berupa PPT dan video penjelasan pada pukul 11.15, sedangkan waktu membaca dan memahami adalah 15 menit. Untuk materi "Teori Komunikasi Kelompok" membahas tentang beberapa poin yaitu :
  1. Pengertian teori komunikasi kelompok
  2. Karakteristik komunikasi kelompok
  3. Macam-macam teori komunikasi kelompok
Penjelasan dari materi diatas kurang lebih adalah sebagai berikut:
Pengertian teori komunikasi kelompok
Komunikasi kelompok merupakan adanya interaksi individu dengan individu lain sehingga adanya sebuah kelompok untuk mengadakan kegiatan rapat,konferensi dan kegiatan lainnya.
Karakteristik komunikasi kelompok
  • Komunikasi Kelompok bersifat formal.
  • Komunikasi kelompok terorganisir
  • Komunikasi kelompok terlembagakan.
  • Komunikator dalam kelompok ini haruslah:
    1. Mencoba mengisolisir bebrapa proses yang sederhana dan mudah dimengerti dari sekian banyak proses-proses yang timbul secara simultan.
    2. Menggunakan beberapa istilah yang akan memudahkan untuk mengorganisir pengamatan.
Macam-macam teori komunikasi kelompok

Teori keseimbangan (Haider)
yaitu Teori ini dirumuskan Fritz heider dalam bukunya
"Pshycology of interpersonal relations". Teori ini berusaha menerangkan bagaimana individu individu sebagai bagian dari struktur sosial misalnya sebagai suatu kelompok cenderung untuk menjalin hubungan satu sama lain
Teori sistem A-B-X Newcomb
Sistem A-B-X dari Newcomb merupakan perluasan teori antar pribadi dan header sampai kepada interaksi antara anggota kelompok yang hanya terdiri dari 2 anggota saja model dari newcomb ini mengandung tiga unsur yaitu A dan B mewakili 2 orang individu yang berinteraksi serta X sebagai objek pembicaraan atau komunikasi.
Teori proses perbandingan sosial
Menurut festinger dalam teorinya tentang proses-proses perbandingan sosial, Leon festinger membedakan antara kenyataan fisik dengan kenyataan sosial apabila pendapat, sikap, dan keyakinan dapat diukur secara fisik maka itu berarti kita berhubungan dengan kenyataan titik. Akan tetapi apabila pendapat, sikap, dan keyakinan tidak didasarkan pada kejadian yang mudah diukur maka kita berhadapan dengan kenyataan sosial. 
Teori pertukaran sosial
Menurut di Thibault dan Kelly memusatkan kepada perhatian mereka terutama pada kelompok yang terdiri dari 2 orang anggota atau diad. Mereka merasa yakin bahwa usaha memahami tingkah laku yang kompleks dari kelompok-kelompok besar mungkin dapat diperoleh dengan cara menggali hubungan di diatas 2 orang.
Teori sosiometris dari Moreno
Sosiometris dapat diartikan sebagai pendekatan teoritis dan metodologis terhadap kelompok-kelompok yang diciptakan mula-mula oleh Moreno.

Setelah memahami PPT dan video yang telah di-share oleh presenter para mahasiswa mengajukan pertanyaan baik dari PPT maupun dari video yang telah di isi oleh presenter yang dilanjutkan dengan sesi diskusi. Ada 23 mahasiswa yang bertanya dan 8 mahasiswa yang menjawab, serta jawaban dari preseneter. Hasil diskusi baik pertanyaan telah direkap oleh presenter pada 21 Oktober 2020 pukul 07.49. Setelah pertanyaan telah dijawab preseneter menutup diskusi pada pukul 13.57 yang sebelumnya kegiatan perkuliahan sudah ditutup oleh Ibu Primi Rohimi sebagai dosen pengampu mata kuliah teori komunikasi pada pukul 13.55. 

Itulah sedikit cerita diary perkuliahan pada pertemuan keenam dari saya, mohon maaf apabila ada pemilihan yang salah dan tidak berkenan dihati. 

Semoga bermanfaat dan terimakasih

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wa barakatu

Nama : Imam Syafi'i
NIM : 1940210024
Kelas : KPI A3
Mata kuliah : Teori komunikasi
Dosen : Ibu Primi Rohimi, S.sos, M.S.I.
Instansi : Institut Agama Islam Negeri Kudus

Komentar

Postingan Populer