Teori Komunikasi Antar Pribadi (Pertemuan 5)

Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatu


Blog kali ini saya akan sedikit menceritakan kegiatan perkuliahan pada pertemuan ke 5 pada tanggal 12 Oktober 2020 mata kuliah teori komunikasi, mahasiswa yang mendapatkan giliran mempresentasikan hasil PPT  dan video membuka diskusi dengan men-share hasil karya mereka, dimana sebelumnya kegiatan di buka oleh Ibu Primi Rohimi pada pukul 12.00 WIB selaku dosen pengampu mata kuliah teori komunikasi.

Pertemuan yang dilakukan secara daring membahas tentang "Teori komunikasi Antar Pribadi", materi ini di buat PPT oleh 
  1. Ahilla Salma Alfaza 1940210013
  2. Vivi Rima Mellinda 1940210026 
  3. Selfa Ayu Fauzul Muna 1940210035

Hasil PPT presentator kurang lebih membahas tentang macam-macam teori komunikasi antar pribadi diantaranya adalah :

  • Teori Muka
Teori ini ditulis Sandra Metts dan William Cupach dengan judul Face Theory. Teori ini membantu untuk memahami dua aspek penting tentang interaksi

  • Teori manipulasi informasi

Teori yang menggambarkan dan menjelaskan bagaimana seseorang bermain-main (memanipulasi) informasi  dengan cara menipu dalam interaksi antar pribadi.
  • Teori kebohongan antar pribadi
Teori ini merupakan teori yang memfokuskan diri pada dyadic (dual), relations (hubungan) , dialogic (dialog) dari komunikasi yang memiliki unsur penuh kebohongan.
  • Teori kesopansantunan
Menurut brown dan Levinson bahwa Setiap kebudayaan memiliki derajat yang berbeda dalam hal kebutuhan terhadap kesopanan dan juga cara-cara yang berbeda untuk menjadi sopan, tetapi semua orang memiliki kebutuhan untuk di hargai dan di lindungi.
  • Teori pertukaran kasih sayang
Teori ini ditulis oleh Kory Floyd, Jeff Judd, dan Colin Hesse
teori ini bertujuan untuk menerangkan, mengapa, umat manusia mengomunikasikan kasih sayang terhadap satu sama lain dan dengan konsekuensi- konsekuensi tertentu.
  • Teori pertalian
Teori ini merupakan teori yang mengamati hubungan yang terjalin antar pelaku dalam sebuah komunikasi.
  • Teori pengelolaan kerahasiaan komunikasi
Teori ini dibuat untuk mengembangkan sebuah pemahaman  berdasarkan bukti mengenai cara orang mengatur pengungkapan dan penyembunyian
  • Teori komunikasi relasional
Teori yang memberikan sebuah pemahaman teoretis dan praktis tentang proses-proses mengenai saling berhubungan dengan orang lain dan bagaimana pola pola diperankan bersama para partisipan mengenai komunikasi mempengaruhi kehidupan rasional mereka.
  • Teori pertukaran sosial
Merupakan bagian dari teori komunikasi antar pribadi yang menggambarkan dan menguraikan bagaimana seseorang memasuki suatu hubungan sosial dengan mempertimbangkan timbal balik dari suatu hubungan.

Selanjutnya setelah mahasiswa membaca dan memahami hasil karya presentator, di buka sesi tanya jawab seputar materi perkuliahan yaitu "teori komunikasi antar pribadi", kegiatan diskusi diikuti oleh semua mahasiswa kelas KPI A3 yang terdiri dari 24 penanya dan 8 penjawab. Setelah pertanyaan selesai dijawab presentator menutup diskusi dengan bacaan salam dan hamdallah yang ditutup pada pukul 13.45 WIB yang sebelumnya telah ditutup kegiatan perkuliahan oleh Ibu Primi Rohimi pada pukul 13.44 WIB, itulah sedikit cerita tentang perkuliahan mata kuliah teori komunikasi.

Mohon maaf apabila ada pemilihan kata yang kurang berkenan dihati para pembaca, terimakasih 

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wa barakatu

Nama : Imam Syafi'i
NIM : 1940210024
Kelas : KPI A3
Mata kuliah : Teori komunikasi
Dosen : Ibu Primi Rohimi, S.sos, M.S.I.
Instansi : Institut Agama Islam Negeri Kudus



Komentar

Postingan Populer